Kabar KaunyKQSDonasi

Para Penghafal Alquran di Kaki Gunung Rakutak

 

Dingin dan lembab, udara khas pegunungan berkabut kala senja. Usai salat Magrib, puluhan santri Rumah Tahfizh Kauny Quranic School (KQS) Hidayatul Ulum mulai melantunkan hafalan ayat-ayat Alquran menggunakan Metode Kauny, Menghafal Alquran Semudah Tersenyum. Meski terletak di kaki Gunung Rakutak, tepatnya di RT 2 RW 6, ujung Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, tak menyurutkan semangat para santri untuk terus belajar membaca dan menghafal Alquran.

Berawal dari keprihatinan Bunda Yuyun atas kondisi anak-anak di kampung halamannya yang minim pendidikan Alquran, beliau beranikan diri untuk merangkul para tokoh masyarakat dan beberapa guru ngaji setempat untuk membuka KQS. Bersyukur, mereka menyambut ajakan Bunda Yuyun dengan antusias. Bermula hanya 25 santri usia sekolah, kini seluruh santri berjumlah 73 anak. Didampingi oleh 4 guru ngaji yang sekaligus mengajarkan metode Kauny.

Seiring bertambahnya jumlah santri, tempat belajar mengajar harus dibagi menjadi beberapa tempat. Di musala kampung, gedung madrasah samping musala, serta rumah guru ngaji. Dengan 2 sesi yaitu siang dan malam, seluruh proses belajar mengajar dilakukan secara gratis. Para guru mengajar dengan suka rela semata-mata mencari ridho Allah. Mengingat rata-rata santri berasal dari keluarga dhuafa yang berprofesi sebagai petani biasa, maka tak mungkin menarik iuran dari orangtua mereka.

Sebagai penyemangat bagi para guru, sesekali Bunda Yuyun memberikan hadiah kecil yang berasal dari zakat penghasilan sang suami. Keinginan besarnya dapat memberikan penghargaan lebih layak atas pengabdian para guru tersebut. Serta memberikan fasilitas belajar mengajar yang lebih baik bagi para santri.

KQS Hidayatul Ulum adalah 1 dari 104 Rumah Tahfizh Kauny lainnya di seluruh Indonesia. Mari bantu Rumah Tahfizh Kauny di berbagai daerah untuk terus mencetak santri pengukir prestasi yang membanggakan ummat. Semoga melalui hafalan setiap ayat dari lisan mereka, pahala pun akan mengalir bagi kita yang menyantuninya.

Salurkan donasi Anda ke rekening Yayasan Askar Kauny;
Muamalat 3350009102

Konfirmasi donasi via SMS ke 0821 3596 9057
Ketik : KQS2#Nama#No. HP#JumlahDonasi#Tgl. Transfer#Jam Transfer#Bank Asal Transfer

Atau konfirmasi via WhatsApp
bit.do/RumahTahfizhKauny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *