Inspirasi Kauny

Meraih Keutamaan 10 Hari Awal Dzulhijjah

Alhamdulillah, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijjah, bulan haram dan mulia. Puncak keutamaan bulan Dzulhijjah terdapat pada 10 hari pertama, yakni tanggal 1 sampai 10 Dzulhijjah.

Dalam nasihatnya, Rasulullah Saw menyampaikan bahwa amalan yang dilakukan pada hari-hari tersebut merupakan amalan yang paling disukai Allah Azza wa Jalla. Tak heran jika para sahabat dan orang-orang terdahulu senantiasa memanfaatkan kesempatan emas ini untuk memaksimalkan kesempatan tersebut untuk meraih cinta dan kasih sayang Allah Azza wa Jalla dengan menunaikan berbagai macam ibadah seoptimal mungkin.

Keistimewaan 10 Hari Awal Dzulhijjah

Kenapa 10 awal Dzulhijjah begitu istimewa di mata Allah dan Rasul-Nya? Karena pada hari-hari tersebut terdapat sejumlah hari dan ibadah yang tidak didapatkan pada bulan-bulan lainnya, antara lain;

1. Hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah), hari dimulainya pelaksanaan rangkaian ibadah haji.

2. Hari Arafah (9 Dzulhijjah), hari di mana jamaah haji melakukan wuquf di Arafah (Pada hari itu pula Allah memerdekakan hamba-hamba-Nya dari api neraka dengan jumlah yang lebih banyak dibanding pada hari-hari lainnya).

3. Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah), dimana kaum muslimin disunnahkan untuk melaksanakan shalat sunnah Idul Adha.

4. Melaksanakan ibadah haji, yang merupakan rukun Islam yang kelima.

5. Puasa Arafah, pada tanggal 9 Dzulhijjah. Siapa menunaikannya, maka Allah akan ampuni dosa-dosanya selama dua tahun.

6. Berqurban. Amalan yang paling afdal pada hari raya Idul Adha adalah menumpahkan darah dengan cara berqurban.

Itulah —antara lain, yang membuat 10 hari awal Dzulhijjah menjadi istimewa dibanding hari-hari lainnya, di dalamnya terdapat shalat, puasa, sedekah, haji, dzikir dan ibadah-ibadah lainnya, yang tak dapat dilakukan pada bulan-bulan lainnya

Salam,
Ust. M. Yusuf Shandy
(Pendakwah di Majelis Kauny, saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Baznas Bulukumba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *