Inspirasi Kauny

Mengajak Anak Berpuasa

Salah satu kebiasaan para sahabat adalah mengajak keluarga dan anak-anak mereka menjadi pribadi yang shalih, taat ibadah kepada Allah Azza wa Jalla dan meneladani Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Sungguh mulia dan indah apa yang dilakukan oleh para sahabat dengan mengajak anak-anak mereka, walau masih kecil, untuk bersama-sama melakukan puasa ‘Asyura, sebagaimana disebutkan dalam riwayat berikut.

Ar-Rabi’ binti Muawidz Radhiyallahu ‘Anhu mengungkapkan, “Pada pagi hari Asyura, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengirim utusan ke beberapa desa perbatasan yang ada di sekitar Madinah untuk mengumumkan, ‘Barang siapa yang telah berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya. Dan barang siapa yang tidak dalam keadaan berpuasa, hendaklah dia berpuasa pada sisa harinya itu.’

Setelah itu, kami pun melakukan puasa hari Asyura bersama sebagian anak-anak kami yang masih kecil. Kami menuju masjid dan membuatkan mereka mainan yang terbuat dari bulu domba, dan ketika salah satu dari mereka menangis minta makanan, maka kami memberikan mainan tersebut sampai datang waktu berbuka.” (Muttafaq Alaih)

Dalam riwayat lain disebutkan, “Dan ketika mereka meminta makanan kepada kami, maka kami memberikan kepada mereka mainan yang bisa mengalihkan perhatiannya hingga mereka menyelesaikan puasanya.” (HR. Muslim)

Wassalam,
Ust. M. Yusuf Shandy, Lc.
(Pendakwah di Majelis Kauny, saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Baznas Bulukumba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *