Malam Pertama dan Pesantren Askar Kauny #MerekayangMenginspirasi #IbuIdolaku

Malam Pertama dan Pesantren Askar Kauny #MerekayangMenginspirasi #IbuIdolaku
Malam Pertama dan Pesantren Askar Kauny #MerekayangMenginspirasi #IbuIdolaku

Kesuksesan seorang pria tak lepas dari peran istri di sampingnya. Ialah Ummi Maya Hayati Rasyid, istri Ustadz Bobby Herwibowo, Lc., penemu metode Menghafal Alquran Semudah Tersenyum (MASTER) sekaligus pendiri Askar Kauny. Ummi Maya merupakan partner Usbob saat pertama kali membangun Askar Kauny. Beliau yang menangani berbagai kebutuhan domestik di Kauny Quranic School (KQS) Bambu Apus, Jakarta dan pesantren Askar Kauny pertama di Cijulang, Bogor. Pada awal merintis, bahkan mengajar dan mengurus kebutuhan para santri dilakukan beliau seorang diri.

Ide membuka pesantren, sebenarnya berawal dari keinginan Ummi Maya dan Usbob untuk memiliki 20 anak dengan metode pendidikan home schooling bagi buah hatinya. Ummi Maya juga kerap mengajak anak-anak tetangga bermain di rumahnya, agar Mumtaz dan adik-adiknya tetap aman bermain tanpa khawatir pengaruh lingkungan.

Ketika anak-anak mulai terlihat jenuh di rumah sepanjang hari, Ummi Maya membawa mereka –atas izin Usbob, untuk menyetor hafalan Alquran di sebuah ruangan di kantor Usbob yang kebetulan kosong. Beliau pun mencarikan seorang hafizh agar mereka merasa mempunyai guru yang harus dihormati untuk mendengarkan setoran hafalan mereka.

Begitu para jemaah majlis pengajian Usbob melihat, mereka rupanya juga ingin menitipkan anaknya untuk menghafal di sore hari setelah pulang sekolah. Maka dengan uang belanja dari Usbob, Ummi Maya mulai berkreasi. Membeli meja mirip di sekolah, karpet, white board, hingga mengecat dinding dengan gambar-gambar lucu. Jadilah sebuah kelas yang indah untuk aktivitas anak-anak surga itu. Tidak cukup satu ruangan, karena ternyata semakin banyak peminat, dengan izin Usbob, Ummi Maya mengubah sebuah ruangan di rumah beliau menjadi kelas. Alhamdulillah kali ini tidak pakai uang pribadi, karena seorang kakak ipar beliau yang berinfak. Kelas-kelas itulah yang kemudian menjadi Kauny Quranic School (KQS) dan merupakan cikal bakal Pesantren Askar Kauny.

Kauny Related Post  AMBIL DUA DUANYA

Saat Pesantren Askar Kauny Cijulang pertama kali dibuka, hanya memiliki beberapa santri saja. Seiring berjalannya waktu, santri terus berdatangan meski Usbob dan Ummi Maya tidak pernah mengiklankan atau menginformasikan pesantren mereka ke masyarakat umum. “Saya tidak memiliki basic pendidikan pesantren dan tidak pernah bercita-cita memiliki pesantren. Alhamdulillah atas izin Allah, Pesantren Askar Kauny semakin berkembang, dan kami sudah tak mampu lagi meng-handle sendiri,” tutur Ummi Maya.

Sejak awal dirintis, Pesantren Askar Kauny menerapkan gratis biaya pendidikan 100 persen bagi santrinya. Para santri dilayani layaknya berada di rumah bersama ibu mereka sendiri. Saat santri masih sedikit, seluruh pengeluaran ditutupi dari dana pribadi Usbob dan Ummi Maya. Namun setelah santri terus bertambah banyak, menurut Ummi Maya tidak sanggup lagi logika matematika manusia bekerja.

“Kami serahkan seluruh kebutuhan kami kepada Allah dengan terus berdoa dan mengiba pada pertolonganNya. Usbob selalu mengingatkan saya untuk bermunajat pada Allah apapun yang kami butuhkan,” terang Ummi Maya. Alhamdulillah Allah Maha Memudahkan segala urusan. Allah turunkan bantuan melalui tangan-tangan dermawan untuk membiayai kebutuhan para santri. Serta menggaji para karyawan yang kini turut bahu membahu membesarkan Askar Kauny. Alhamdulillah, kini pesantren yang baru berusia 4 tahun itu telah memiliki 334 santri.

Jika direnungi kembali, perjuangan Askar Kauny rupanya sudah dimulai sejak awal pernikahan Ummi Maya dan Usbob. Sejak malam-malam pertama beliau menikah yang menjadi ajang berdiskusi tentang akan bagaimana rumah tangga mereka ke depan dan bagaimana pendidikan anak-anak. Hingga sampai saat ini telah ada 19 pesantren Askar Kauny di Indonesia dan 1 di Mesir, mendidik anak-anak penghafal Alquran yang mungkin salah satu dari mereka akan menjadi wasilah kemuliaan di akhirat kelak.

Kauny Related Post  LEBIH BAIK DARI DUA UNTA

@AskarKauny

Share Artikel ini :

Leave a Reply