Inspirasi Kauny

Cara Pasif Tahfizh Alquran

Dody seorang professional yang dulunya sempat bekerja di sebuah stasiun televisi swasta. Usai mengikuti training Menghafal Alquran Semudah Tersenyum, maka ia coba terapkan untuk menghafal surat Al Jumuah 11 ayat. 2 tahun ia berjuang untuk menghafal surat tersebut, namun apa daya ia belum diberi Allah kemudahan.

Hari itu adalah Senin pagi, hari ‘neraka macet’ bagi warga Jakarta yang bekerja. Apalagi Dody yang tinggal di Bekasi. Namun saat hendak berangkat Dody menikmati makna ayat dan menciptakan visualisasi dari ayat-ayat yang Allah tuturkan dalam surat Al Jumuah.

Maka ia pun berangkat menuju kantornya di Daan Mogot. Berangkat dengan ucap basmalah menembus Jakarta di hari Senin pagi yang amat macet. Namun jangan salah kira, Dody kali ini menyetir mobilnya dengan perasaan sumringah.

Ia putar MP3 Alquran surat Al Jumuah berulang-ulang di mobilnya. Ayat pertama ia ulang-ulangi dengan memperkuat visualisasi makna. Ia ikuti bacaan dengan suara lantang.

Ada kenikmatan dengan cara ini dan tentunya mengasyikan!

Ia lanjutkan ke ayat 2 dan seterusnya hingga ia tiba di kantor tempat ia bekerja. Pulang dari kantor menuju rumah pun Dody melakukan hal yang sama. Ia lanjutkan pola itu hingga ayat terakhir dari surat Al Jumuah.

Alhamdulillah, belum tiba ia di rumah rupanya ia sudah rampung menghafal seluruh ayat surat Al Jumuah berikut dengan artinya! Ia ulang-ulangi surat tersebut dengan hati yang riang.

Bahkan esok subuhnya, ia sengaja menjadi imam bagi keluarganya di rumah dan ia membaca surat Al Jumuah dalam salat tersebut.

Inilah salah satu cara pasif dalam menghafal Alquran. Mendengarkan, membayangkan dan mengikuti bacaan dengan berulang. Yuk kita praktekkan!

Sungguh telah kami mudahkan Alquran untuk dihafal, adakah orang yang mau menghafalnya?

Wassalam,
Ust. Bobby Herwibowo, Lc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *