Inspirasi Kauny

Adab Masuk Rumah

Sahabat yang dirahmati Allah, Setiap amalan dalam Islam terdapat beberapa peraturan dan adab-adab yang perlu dipatuhi untuk menyempurnakan amalan tersebut.

Tanpa dipatuhi adab-adab yang telah digariskan Islam, maka menjadikan amalan tersebut cacat dan tidak sempurna.

Oleh sebab itu untuk menjadikan ibadah dan amalan harian kita sempurna maka perlulah mematuhi beberapa adab-adab masuk rumah yang telah dinyatakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (H.R. Muslim no. 2018)

Maka sahabat yang dirahmati Allah, kita dianjurkan ketika akan memasuki rumah untuk :

1. Membaca doa ketika masuk rumah sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam sabdakan :
“Jika seseorang memasuki rumahnya, hendaklah ia membaca doa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ، وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ، بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Artinya : Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan jalan masuk dan kebaikan jalan keluar. Dengan nama Allah kita memasuki (rumah) dan dengan nama Allah pula kita keluar (rumah), dan kepada Allah Rabb semata kita berserah diri.”

Beliau bersabda, “Kemudian hendaklah ia mengucapkan salam kepada anggota keluarganya.” (HR. Abu Daud no. 5096)

2. Masuk ke rumah hendaknya mendahulukan kaki kanan

3. Mengucapkan salam kepada keluarga yang berada di rumah.

Firman Allah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya :
“Apabila kamu memasuki rumah-rumah, maka hendaklah kamu memberi salam kepada sesama kamu, sebagai penghormatan yang berkat, lagi baik disisi Allah”. (Surah An-Nur ayat 61).

4. Membaca Ayat Al-Kursi semasa didalam rumah bagi tujuan menghalau syaitan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu`anhu bahwa Rasulullah bersabda : Di dalam surah Al-Baqarah ada ayat yang merupakan penghulu Alquran, tidak dibaca di dalam rumah, kecuali akan keluar Syaitan dari [rumah]nya : Ayat Al-Kursi.” (Hadis Riwayat dari Zaa’idah dari Hakim Ibnu Jubayr)

Sebagaimana halnya Sholat di masjid itu penting tapi adab dalam masjid itu lebih penting. Sholat itu penting namun adab sholat itu lebih penting. Membaca Alquran itu penting. Namun, adab membaca Alquran itu lebih penting, karena amalan tanpa adab tidak akan ada keberkahannya.

Diumpamakan ada seseorang yang ingin memberikan hadiah yang besar kepada raja namun dengan pakaian yang tidak sopan, kemudian memberinya dengan tangan kiri misalnya, maka tentu saja raja akan marah dan menolak hadiah tersebut karena hakikatnya raja tidak butuh pemberian.

Namun, sebaliknya walaupun pemberian yang kecil namun dengan adab yang baik akan membuat seorang raja senang dan menerima pemberian tersebut walaupun hakikatnya raja tidak butuh dengan pemberian tersebut.

Adab adalah mengagungkan segala sesuatu yang berhubungan dengan agama.

Dengan adab, amal kecil akan bernilai besar dan sebaliknya tanpa adab, amal besar bisa tidak bernilai. Termasuk bagaimana cara ketika masuk rumah.

Semoga kita bisa menjaga adab-adab dalam setiap amal perbuatan kita.

Wassalam,

Ust. Abdul Ghani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *