ADAB MASJID

Masjid adalah sentra utama untuk melaksanakan ibadah, dakwah, dan pembinaan umat, sekaligus sebagai cermin komunitas Umat Islam. Setiap muslim harus mendatangi rumah Allah yang mulia ini minimal lima kali sehari semalam. Nah, karena masjid adalah tempat mulia, ada beberapa adab yang harus diperhatikan saat berjalan menuju masjid, saat berada di dalam masjid, dan saat keluar dari masjid, yaitu;

1. BERJALAN MENUJU MASJID DENGAN TENANG SAMBIL BERDOA
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam memerintahkan kita berjalan menuju masjid dalam keadaan tenang, tidak terburu-buru, sambil membaca Doa berjalan menuju masjid, yaitu: ALLAHUMMAJ’AL FI QALBI NUURAN, WAJ’AL FI LISAANIY NUURAN, WAJ’AL FI SAM’IY NUURAN, WAJ’AL FI BASHARIY NUURAN, WAJ’AL KHALFIY NUURAN, WA AMAAMIY NUURAN, WAJ’AL MIN FAWQIY NUURAN, WA MIN TAHTIY NUURAN, ALLAHUMMA A’ZHUIM LIY NUURAN (Ya Allah, berikanlah cahaya dalam hatiku; berikanlah cahaya di lisanku; berikanlah cahaya pada pendengaranku; berikanlah cahaya pada penglihatanku; berikanlah cahaya dari arah belakang dan depan ku; berikanlah cahaya dari atas dan bawahku; Ya Allah, besarkanlah cahaya untukku).

2. MENGHINDARKAN BAU TAK SEDAP
Makruh hukumnya masuk masjid dengan badan atau pakaian yang mengeluarkan bau tak sedap, seperti bau bawang, bau rokok dan semacamnya, karena dapat mengganggu kekhusyukan orang yang sedang ibadah di masjid.

3. MASUK DENGAN KAKI KANAN SAMBIL BERDOA
Diantara sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam adalah masuk masjid dengan kaki kanan sambil membaca doa masuk masjid, yaitu: AUDZU BILLAHIL AZHIM WA BIWAJHIHIL KARIIM WA SULTHANIHIL QADIM MINASSYAITHANIRRAJIM, ALLAHUMMA SHALLI WA SALLIM ALA MUHAMMADIN WA ‘ALA ALI MUHAMMAD, ALLAHUMMA IFTAH LII ABWABA RAHMATIKA (Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung, dengan wajah-Nya yang mulia, dan dengan kekuasaan-Nya yang tidak berawal dan tidak berakhir, dari godaan setan yang terkutuk. Ya Allah, sampaikanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarga beliau. Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu).

Kauny Related Post  Shaum Menjauhkan Manusia dari Neraka

4. MELAKUKAN SHALAT TAHIYYATUL MASJID
Setelah tiba di masjid, jangan langsung duduk. Lakukanlah lebih dahulu shalat sunnah tahiyyatul, sebanyak dua rakaat, sebagai penghormatan terhadap masjid.

5. TIDAK LEWAT DI DEPAN ORANG SHALAT
Lewat di depan orang yang sedang shalat termasuk perbuatan yang SANGAT dibenci oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam. Dan, orang yang sedang shalat berhak mencegah orang lain lewat di hadapannya dengan menahan atau mendorongnya.

6. MENARUH SUTRAH SEBELUM SHALAT
Orang yang akan shalat, hendaklah terlebih dahulu memasang sutrah atau pembatas di hadapannya, guna mencegah orang lain lewat di hadapannya.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Apabila salah seorang diantara kalian shalat, hendaklah dia memasang sutrah (pembatas), dan hendaklah ia mendekat kepadanya.” (HR. Abu Daud)

7. MENJAGA KEBERSIHAN & KETERTIBAN MASJID
Setiap orang harus terlibat dan bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan ketertiban masjid, demi terciptanya suasana yang nyaman dan tenang, sehingga para jamaah pun betah berada di masjid untuk melakukan ibadah secara khusyuk.

8. BERPINDAH TEMPAT BILA NGANTUK
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian mengantuk saat berada di dalam masjid, hendaklah ia berpindah dari tempat duduknya ke tempat yang lain.” (HR. Abu Daud)

9. MENGINDARI HAL-HAL YANG DILARANG DI MASJID
Seperti melakukan transaksi jual beli, mengumumkan barang yang hilang, lewat di depan orang yang shalat, dan melangkahi pundak atau punggung orang lain.

10. KELUAR MASJID DENGAN KAKI KIRI SAMBIL BERDOA
Saat keluar masjid, dahulukanlah kaki kiri, sambil membaca doa keluar masjid, yaitu: ALLAHUMMA SHALLI ALA MUHAMMAD WA ‘ALA ALI MUHAMMAD. ALLAHUMMA INNI AS’ALUKA MIN FADHLIKA (Ya Allah, sampaikanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Ya Allah, aku mohon pada-Mu, berikanlah padaku karunia-Mu).

Kauny Related Post  BUKANLAH UCAPAN BIASA

11. CATATAN: KHUSUS buat wanita, saat akan datang ke masjid, wanita dilarang mengenakan parfum yang tercium baunya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian (wanita) hadir ke masjid, janganlah ia memakai minyak wangi.” (HR. Muslim)

Demikian, semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa memakmurkan masjid, dimana pun kita berada. Aamiin.

@AskarKauny

Share Artikel ini :

1 Comment

Leave a Reply