Kabar Kauny

Ada Dua Surga bagi Mereka yang Takut Kepada Allah

Alkisah, Harun Ar-Rasyid beserta istrinya yang bernama Zubaidah yang dituturkan oleh Fakhurrazi Rahimahullah dalam tafsirnya (Juz 1/hal. 215). Fakhurrazi mengatakan bahwa Muhammad bin Hasan bercerita,

“Pada suatu malam aku tertidur, tiba-tiba aku berada di depan pintu yang diketuk oleh seseorang.” Lalu aku berkata, “Lihatlah siapa itu?” Orang-orang di sekelilingnya menjawab, “Utusan khalifah mengundang Anda.”

Aku merasa takut pada diriku sendiri. Lalu aku berdiri dan masuk ke ruang khalifah. Dia (Khalifah) berkata, “Aku mengundangmu untuk memecahkan masalah. Adapun masalahnya adalah, aku telah mengatakan kepada Ummu Muhammad (Zubaidah), ‘Aku adalah pemimpin yang adil, dan tempat bagi pemimpin yang adil adalah surga.'”

Kemudian Zubaidah menjawab perkataanku, “Sungguh engkau adalah orang yang zalim dan telah berbuat maksiat. Sungguh aku telah menyaksikan dirimu berada di surga, kemudian engkau kafir, karena engkau telah berbohong kepada Allah.”

Lalu aku menjawab, “Aku telah mengharamkan dirimu.”

Aku (Muhammad bin Hasan) berkata kepada khalifah, “Wahai Amirul Mu’minin, pada saat engkau berbuat maksiat atau setelah engkau berbuat maksiat, apakah engkau merasa takut kepada Allah?”

Khalifah menjawab, ” Sungguh aku sangat takut kepada Allah.”

Lalu aku berkata, “Jika demikian, sungguh aku bersaksi bahwa engkau akan mendapatkan 2 surga, bukan satu surga.”

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Dan bagi orang yang takut saat menghadap Tuhannya ada dua surga.” (QS Ar-Rahman [55] : 46)

Setelah itu, dengan penuh kelembutan Khalifah memerintahkan diriku untuk pergi. Ketika aku sampai di rumahku, aku melihat bulan purnama menyambutku.

Subhanallah.

Wassalam,
Bobby Herwibowo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *